RSS

Mekanisme Haid

08 Oct

yuhuu yuhuu, yang cewek-cewek niy dah pada tahu belum gimana mekanisme haid… yuk mari disimak…

hormon steroid estrogen dan progesteron mempengaruhi pertumbuhan endometrium. di bawah pengaruh estrogen endometrium memasuki fase proliferasi; sesudah ovulasi, endometrium memasuki fase sekresi. dengan menurunnya kadar estrogen dan progesteron pada akhir siklus haid, terjadi regresi endometrium yang kemudian diikuti oleh perdarahan yang terkenal dengan nama haid.

mekanisme haid belum diketahui seluruhnya, akan tetapi sudah dikenal beberapa faktor yang, kecuali faktor hormonal, memegang peranan penting dalam hal ini. yang penting ialah:

1. faktor-faktor enzim

dalam fase proliferasi estrogen mempengaruhi tersimpannya enzim-enzim hidrolitik dalam endometrium, serta merangsang pembentukan glikogen dan asam-asam mukopolisakarida. zat-zat yang terakhir ini kut serta dalam pembangunan endometrium, khususnya dengan pembentukan stroma di bagian bawahnya. pada pertengahan fase luteal sintesis mukopoliskarida terhenti, dengan akibat mempertinggi permeabilitas pembuluh-pembuluh darah yang sudah berkembang sejak permulaan fase proliferasi. dengan demikian, lebih banyak zat-zat makanan mengalir ke stroma endometrium sebagai persiapan untuk implantasi ovum, apabila terjadi kehamilan. jika kehamilan tidak terjadi, maka dengan menurunnya kadar progesteron, enzim-enzim hidrolitik dilepaskan, dan merusakkan bagian dari sel-sel yang nerperan dalam sintesis protein. karena itu, timbul gangguan dalam metabolisme endomterium yang mengakibatkan regresi endomterium dan perdarahan.

2. faktor-faktor vaskular

mulai fase proliferasi terjadi pembentukan sistem vaskularisasi dalam lapisan fungsional endometrium. pada pertumbuhan endometrium ikut tumbuh pula arteria-arteria, vena-vena dan hubungan antaranya, seperti digambarkan di atas.  dengan regeresi endometrium timbul statis dalam vena-vena serta saluran-saluran yang menghubungkan dengan arteri, dan akhirnya teradi nekrosis dan perdarahan dengan pembentukan hematom, baik dari arteri maupun dari vena.

3. faktor prostaglandin

endometrium mengandung banyak prostaglandin E2 dan F2. dengan desintegrasi endometrium, prostaglandin terlepas dan menyebabakn berkontraksinya miometrium sebagai faktor untuk membatasi perdarahan pada haid.

 
Leave a comment

Posted by on October 8, 2010 in kewanitaan

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: